RSS Feed

tututut siapa hendak tutut

siapa yang suka tutut? siapa yang demen kentut? hayo ngacung?hihihi tidak untuk pertanyaan kedua duonks haha  ihhhh rugi banget buat yang gak suka makan tutut. Enak loh.  Aku mah dari kecil seneng banget makan tutut. ya maklum lah anak kampung tinggal di sawah jadinya nyari tutut kagak susah lagian rasanya hmmmmm gurih sedap dan cara makannya unik dan seru.

Gimana gak unik coba kalau untuk mengeluarkan dagingnya dari cangkangnya kita harus menyedotnya dalam-dalam “sruttttt..sruttttt” gitu bunyinya…seru kan? hahaha dan begitu dagingnyayang dari sebesar kuku jari kelingking sampai sebesar kuku jempol kaki keluar kita kunyah deh…rasanya hmmm maknyos…biasanya ibu-ibu suka masaknya dengan pake bumbu kuning yang gurih.

Eh eh tapi aku gak tau bahan-bahannya apa ajah ya sampe bisa enak gitu (*sambil nyari-nyari di google(). padahal kalo dijual harganya paling cuma Rp. 2000-Rp. 3000 di pasar tradisional atau kalau di rumah keluarga di Cibaduyut suka ada ibu-ibu jualan tutut pake gerobak rujak siang-siang dan jualnya cuma Rp. 1000 / porsi dan enyaak-enyaaak.

Banyak loh yang gak tau tutut, kalaupun tau udah ngerasa jijik jadi tak pernah mencoba. “tutut? apaan sih?”, “tutut? keong?”, “tutut? itu bekicot kan?”, “tutut? ihhhhh jijik ah”, “tutut? tutut suharto?”. iyah tutut itu keong sawah. Meskipun banyak yang jijik dan gak “ngeh” kalo bisa dimakan, tutut itu sehat, mengandung protein.

Ada juga yang bilang kalau tutut itu makanan orang kampung. ihhhh…tau gak seh loh kalau di Eropa atau Amerika makanan jenis ini termasuk mewah. Sering kali denger makanan di resto-resto Prancis yang bernama escargot (baca; eskargo)? kesohor banget kan si escargot itu? mahal pula. Padahal si escargot itu tuh sejenis  si tutut ti kampung teaaaaa (gak sama sih sih tapi pasti sodaraan..paling gak sepupuan). so…Makanan ti kampung nan mewah ya? hahaha

eh tapi ngomong-ngomong sekarang gak segampang dulu nyari tutut soalnya tutut kan biasanya “nangkring” di sawah sementara sekarang terutama di kota-kota besar si sawah udah beralih fungsi jadi gedung-gedung gedong. Jadinya si tutut makin lama makin hilang dari pergaulan. Dulu bukan cuma mbo jamu ajah seliweran dengan baskom/keranjang/ember jamu nya tapi mbo tutut  juga sama sering hangout dengan menggendong baskom isi tutut. Jangan-jangan mba Tutut Soeharto dulunya juga tak gendong baskom tutut kemana-mana? ckckckckckc. Sekarang mah udah jarang banget… ya susah kali ya dapetin tututnya juga.

Seperti yang dialami oleh seorang penjual tutut di jalan Riau no. 57  Bandung. Aduh namanya siapa? lupa ih (pasti Achit sang ibu produser akan datang dengan segala info pelengkapnya hahaha) yang pasti gerobaknya nangkring dipinggir jalan dengan banner berlogo Bebek Lebay lengkap dengan gambar Bebek dan tulisan sop & sate tutut). Let’s say his name is Akang. Si Akang dia harus berburu tutut ke Garut. euleuhhhh meuni jauh. soalnya dia bilang untuk mendapatkan tutut dengan kulitas yang baik berarti harus dicari di tempat (persawahan) yang jauh dari polusi.

*tutut raksasa pake baju batik sedang berpose LOL (foto; mba vivi sang ratu tutut eh reporter kuliner radio B sedang berpose dengan bebek lebay…ih kok mirip sih?)

Tapi tutut si Akang emang enak kok terutama Sate Tutut nya. Nikmat banget.Pake bumbu kacang terus diguyur jeruk nipis membuat rasanya gurih dan gak amis sama sekali (ya iya lah direndam selama berpuluh-puluh jam). Seporsi harganya kalo gak salah Rp. 17.000 (bener ga Chit?). apalagi makannya sambil lesehan dan menikmati angin semilir kota Bandung di malam hari (makannya bisa dengan cara duduk di atas gerobak yang nangkring di pelataran parkir atau lesehan di teras).

Ada satu lagi sih menu andalan Akang, tutut kuah bumbu taucho pedas. seporsi seharga Rp. 14.000 (Chit bener teu hargana sakitu?). Begitu dihidangkan aku teh langsung menyerbu maen sedot si tutut dan tereak  ajyah  “AAAAAHHH” asli kaget karena ternyata si cangkang tututnya masih panas dan Rasanya SUMPAH pedessssss banget.Aku mah gak kuat.  Bibirku sampe dower nahan panas dan pedas. Buat yang suka pedes sih pasti demen banget dah tapi kalau gak kuat pedes waspadalah waspadalah (bisa-bisa kena tututism, bibir dower cenat-cenut)!

4 responses »

  1. Maksudnya… aku mirip tutut atau mirip bebek nih?? Huaaaaa!!!!!!

    Balas
    • achiet si produser tea

      mirip tutut nya bebek mba, Lho?? hahahha…

      okeh, aku datang untuk memberikan info lengkap (aihhhhhh, udah mirip mba mba di FO ato information blom sie gw?)

      1. nyank punya tempat ini namanya Pak Koko, beliau adalah sarjana Kehutanan (ada ga sih jurusan ini??) yang dari kecil udah hidup d lingkungan kuliner… ibunya punya catering di garut sono… beliau dulunya trainer buat para manager sebuah resto ayam cepat saji… trus, akhirnya beliau memproduksi tepung buat ayam crispy.. ada di swalayan terdekat… trusss dulu beliau pernah juga bikin lasagna dari kentang… dan, bocoran… pak koko bakal bikin lagi berbagai inovasi di bidang kuliner…

      2. next question…. bout rate of tyutyut *de best food ever!!!
      harga sop plus sate nya sama bossss… 13ribu sajah… buat sate sekitar 10 tusuk, dan semangkok guede sop tutut bumbu tauco…..

      3. sedikit tambahan juga… eikhe kaga doyan pedes loh… tapi… sop tututnya mantavvvvv, ga pedes sebenernya… cuma nyegek (bhs Indonesia nya nyegek apa sih kang? ).. bukan pedes yg sama kaya sambel loh.. tapi pedes dari rempah…. sop tututnya di penuhi aneka rempah rempah ‘hangat’…..

      Balas
  2. kantornya pindah… trus disewa orang lain yang punya green cafe… gak tau tuh si tutut masih di situ atau pindah ke mana?

    Balas
    • achiet si produser tea

      tutut msh di pelataran nya mba… yg dbkn kaya kantin gtu loh, depannya masih ada tutut dengan judul ‘bebek lebay’

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: