Pengumpan RSS

Panji @INDONESIA UNITE

Speaking about Sandhy Sondoro dan Dira Sugandi membuat gue teringat sama Panji sang inisiator Indonesia Unite. Kebetulan pagi harinya sebelum berangkat nonton JJF, gue mampir dulu di SDN 01 Karet Tengsin (belakang Hotel Shangrila) bergabung bersama rekan-rekan Rotaract Club, klub sosial yang berbasis community service yang gue ikutin sejak 2005, yang sedang membuat kegiatan Community Service dengan mengundang Panji untuk bercerita di depan adik-adik SD.

Apa sih yang Panji ceritakan? Jadi dia bercerita tentang dirinya dan kegiatannya yang berawal dari hoby untuk mewujudkan cita-cita dan impiannya melalui rangkaian slide show. Panji bercerita mengenai perjalanan dia keliling Indonesia dengan misi persahabatan untuk mengenal kekayaan negeri ini dan demi cita-cita mempersatukan Indonesia. Dia pun bercerita mengenai tokoh idolanya Bung Hatta.

Salah seorang yang ditemui dalam perjalanannya di Bali adalah seorang seniman wayang. Let’s call him beli Dieu. Berawal dari suka dengan wayang kemudian menjadikannya hobi yang dia lakoni sehari-hari hingga akhirnya memilih untuk menjadi dalang wayang listrik. Wah wayang listrik, unik ya.

Dengan kecintaannya terhadap budaya terutama terhadap wayang, beli Dieu bisa mendapatkan kesempatan untuk berkeliling dunia untuk memperkenalkan, mempromosikan segaligus mengajarkan seni wayang/berdalang ke mancanegara. Inspiring.

Cerita-cerita penuh inspiratif lah yang Panji berikan kepada adik-adik SDN 01 Karet Tengsin. Salah satu pesan yang disampaikan Panji kepada adik-adik adalah:

“adik-adik bilang ya sama papa mama nya “mama papa beri aku waktu untuk menjalani hobiku dan aku akan buktikan aku akan berhasil (meraih impian dari sebuah hobi) dan menjadi kebanggaan mama papa”.

Benang merah dari Panji, Beli Dieu, Dira, Sandhy Sondoro adalah hobi dan impian. Mereka bisa menjadi seperti saat ini adalah tentunya berawal dari sebuah hobi. Dira dan Sandhy gue rasa pasti hobinya nyanyi. Minat yang sangat besar terhadap nyanyi membuat mereka mungkin berkata “aku ingin jadi penyanyi”. Maka mulailah mereka tekun berlatih. Menikmati segala proses karena berawal dari minat dan hobi. Meskipun jalan yang dilalui pastinya tidak mudah: dari bernyanyi dari satu festival ke festival, dari satu café ke café lain, menghadapi kegagalan, penolakan, kekecewaan tapi itu semua tak menghalangi tekad bulat untk mewujudkan impian mereka.

Gue gak tau juga sih sebenernya apa cita-cita atau impian Dira atau Sandhy tapi achievement yang telah mereka berdua raih hari ini sebagai buah dari penantian panjang dan perjuangan tentunya merupakan bagian dari impian mereka yang terwujud.

Siapa yang menyangka kalau Dira bisa mendapatkan kesempatan bernyanyi bersama group Acid Jazz besar dunia, Incognito dan bisa meluncurkan album internasional yang direkam di Inggris. Dira pun pasti merasa sangat bersyukur dan tak menyangka bisa melangkah sejauh ini.

Sandhy Sondoro pun meski mungkin dia yakin kalau dia bisa berhasil di dunia nyanyi tapi apakah dia menyangka bahwa hobi bernyanyinya ini bisa membuat dia menjadi jawara menyanyi di Jerman, meraih 50.000 Euro dengan memenangkan sebuah festival musik di Latvia, lalu bisa bernyanyi di event jazz dunia sekaliber Java Jazz Festival dengan ditonton oleh ribuan mata? It’s not a big deal anymore because the dream comes true.

You have a life worth living, a dream worth chasing, a life worthseeing”

Ayo adik-adik tekun jalanin hobi dan minatnya, nikmati segala prosesnya, pantang menyerah, jangan biarin orang lain merenggut impianmu, berjuanglah, tersenyumlah apapun yang terjadi, lakukanlah semuanya dengan sepenuh hati, dengan gembira karena kalian punya alasan untuk melakukannya…kalian punya impian…ayo wujudkan.

Kalo kak Panji bisa keliling Indonesia menjalin persahabatan dengan saudara kita di tanah air, kalau Beli Dieu dengan hobinya bermain wayang bisa keliling dunia sekaligus melihat indahnya dunia, jika kak Sandhy Sondoro dan kak Dira bisa mengunjungi berbagai Negara dan bertemu dengan orang-orang terkenal maka kalianpun bisa.

Ayo semua pasti bisa!

Aku pun mau jadi kayak Sandhy Sondoro membuat orang banyak bahagia dengan suaraku.

Akupun mau seperti Panji untuk memberikan kontribusi kepada negeri ini dengan kegiatan sosial.

Aku pun mau seperti Indra Bekti jadi presenter handal (maksudnya jadi banci tampil gituh?)

Aku mauuuuuuuuu ….

Aku bisa

Semua pasti bisa

“Ahhh capek…udah jam 00.30 dan yang nonton JJF ini kayaknya gak berkurang malah makin malem makin padet. Pulang yukkkkk?!”

Tiba-tiba ada yang nyelutuk “kok Sandhy Sondoro mirip Budi Anduk ya?” GUBRAG

let’s UNITE INDONESIA. It’s INDONESIA UNITE

The key to happiness is having dreams, the key to success is making them come true”. (James Allen)

Iklan

7 responses »

  1. eh beneran yah sandy sandoro itu mirip budi anduk ????

    Balas
  2. Setoedjoeeeeeeee!!!
    Kamu bisaaaa!!!!! Aku juga bisaaaa….
    Let’s unite Indonesia, Indonesia Unite…
    Aku juga pengen kaya Idpih…
    Bisa berbicara dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti dan dicerna oleh semua kalangan… dari kalangan manusia sampai hewan…ihihihihih… just kidding kang idpih..

    Kata orang dulu ” salah satu ciri orang yang bijaksana adalah orang yang bisa berkata ringan dan mudah dipahami”

    Balas
  3. yang penting kalo nyanyi gak salah lirik 😛

    Balas
  4. and you made it.. also when u finnaly meet in personal time at cafe au lait with dira sugandhi

    and speaking of my dreams i can back to europe again this year

    btw mampir ke blog gw jg donk.. walaupun tidak sekeren n sekocak lo cr penulisannya

    hehehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: