Pengumpan RSS

jajan – martabak mini

aduh makasih mba vivi dan Achit yang udah ngajak “gentayangan” dari satu tempat makan ke tempat makan lainnya sejak dua minggu lalu. Andaikan setiap minggu bisa bolak-balik Bandung-Jakarta (harusnya bisa sih demi makan-makan hahaha)

anyway, setelah dari sushi alley hunting makanan berlanjut ke martabak Victory yang berlokasi di pujasera sebelah Factory Outlet (FO) Renaritti Jalan Riau (R.E. Martadinata)


Kota Bandung emang terkenal dengan makanan/jajanan yang enak-enak dan selalu menggoyang lidah bikin ketagihan pula. No wonder Bandung selalu padet terutama pas weekend tidak saja sama orang yang shopping di FO atau Distro tapi juga berpelesiran demi memuaskan hasrat makannya.

Kalau di Amerika dan eropa ada pancake, terbuat dari adonan tepung terigu bisa disajikan asin denga balutan mentega, bacon, kejo atau  manis dengatopping  ice cream, buah-buahan dan selai , kalau di India ada roti canai yang bisa disantap dengan gulai kambing atau ditaburi gula dan cocol susu nahkalau di Bandung  salah satu jenis ada martabak, dengan bentuk pipih tebal kenyal gurih yang emang udah terkenal raos (enak) seantero Indonesia bahkan ke luar negeri (terbukti dari seorang teman berasal dari Canada yang kalau malam-malam suka pengen nyari martabak).

Biasanya orang-orang ingetnya martabak San fransisco, yang dulu pertama kali buka di karapitan dan sekarang buka cabang di beberapa tempat diantaranya di Burangrang, sebagai Martabak andelan Bandung yang enak banget (dan emang gak salah karena emang ueeeenaaak). Dari jaman Taman Kanak-kanak (TK), saya udah rajin dioleh-olehin martabak ini setiap ayah pulang kerja. Tapi sekarang udah banyak martabak-martabak sejenis yang beredar seantero Bandung (he eh martabaknya gaol banget suka beredar), salah satunya adalah martabak Victory.

Martabak Victory ini bentuknya gak sebesar ukuran martabak pada umumnya dan boleh dibilang ukurannya termasuk golongan mini. Tapi kalau ditanya rasanya…hmmmm gak kalah loh sama Martabak San Fransisco. Bahkan kalau dari varian rasa boleh dibilang lebih bervariasi. Ada rasa rum raisin, stroberi, coklat,yang rasanya biasa-biasa ajah sih, dan yang jadi andalannya adalah rasa pandan dan black sweet.

saya sampe ketagihan nambah yang rasa pandan, rasa pandannya meresap dengan harumnya yang tiada tara, dan rasa black sweet, terbuat dari adonan coklat pekat kehitaman dan enak banget. Rasanya MANTAFFF apalagi dengan ditaburi parutan keju…makin MANTAFFFFF (F nya nambah sebagai bukti rasanya enak bener).

blacksweet and pandan (sebelum ditaburi parutan keju)

Kang Asep, sang pemilik martabak Victory, ternyata udah 25 tahun malang melintang diperjagatan martabak.

“waaaah meuni betah pisan si akang teh…teu bosen kitu kang?” tanya saya

“yaaa bisanya cuma bikin martabak atuh da!” jawab kang asep

tiba-tiba achit nyelutuk “iya fi…tadi ibu (istri kang asep) bilang kalau 25 tahun ini dengan berjualan martabak bisa menghasilkan 5 orang anak”.

25 tahun juialan martabak = 5 anak (hmmmm hubungannya apa ya antara jualan martabak dan punya anak? ooo mungkin martabak bagus buat organ reproduksi sehingga bisa subur dan produktif LOL)

Kang Asep in Action

“kang meuni raos martabakna…ukuranna mini pas pisan di lidah dan gak eneq di perut. Harganya yang Rp. 8000 juga pas di kantong. Jadi berapa ini semuanya kang?”

“ah gak usah bayar…pan udah dipromosiin sama radio B?”

“alhamdulillah hatur nuhun atuh kang Asep. Besok-besok kesini ah bawa keluarga. Boleh gratisan lagi?” TEUTEUP yaaaaaa

Iklan

5 responses »

  1. ralat lagi bung idfi…
    hihihihhhi… asik asik ralat aja gw…
    dsna ada banyak martabak bung, selain martabak mini, ada martaabak ukuran gede jg, martabak bolu juga ada…
    topping nya sih sama ky martabak mini nya…
    hehehehe…
    oia, ga ada hubungannya….
    keren aja, istri nya pak asep nampak bangga banget cerita, 25 tahun perjalanan pak asep sama martabak, ternyata ga cuma ngehasilin aneka inovasi martabak aja, tapi juga ngasilin satu istri dan 5 anak, gitu lohhhh….
    dari martabak turun ke hati, trus turun lagi ke….. hahaaahahaa, udah ah… piss ah… ayo minggu depan ikut lagiiiii….

    Balas
  2. kang gimana caranya bikin martabak…
    kemaren aku bikin slalu bantet….
    gmn caranya biar gak bantet????

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: