Pengumpan RSS

Mutasi SIM Bandung – Jakarta

Jalan-jalan kuliner, shopping, wisata mah udah biasa. Sekarang saya mau share pengalaman jalan-jalan ngurus mutasi SIM dari Bandung ke Jakarta.

Di Bandung

Langsung ke Polrestabes bandung jl. Jawa no. 1. Karena saya tinggal di Cibaduyut jadi saya pake bus DAMRI jurusan dago dari terminal Leuwipanjang sampai Jl. wastukencana. Saya turun di depan gereja Bethel, lalu jalan kaki 100 meter ke Polrestabes melewati Bank BI. Di depan Bank BI foto-foto bentar.

Begitu tiba, masuk dari pintu Jl. Jawa, isi buku tamu di gardu (yang jaga teteh polwan geulis dan ramah), kemudian masuk lewat pagar yg dijaga polisi ganteng dan bilang kepentingannya apa (baik polisi yg di gardu dan di gerbang akan mengarahkan ke loket mana).

Ke loket 3 (loket data entri/perbaikan) serahin fc sim,


tunggu 1 menit lalu petugas ngasih lembaran tanda bukti permohonan sim. Setelah itu, serahkan lembaran tsb ke loket sebelah (masih di loket 3). Tunggu 2 menit, petugas manggil dan menyerahkan surat pengantar mutasi ke jkt. Done.

Proses pegurusan gak sampe 5 menit. Urus sendiri loh. Gratis dan Ekspresssss.

Di jakarta, untuk pengurusan mutasi sekaligus perpanjangan saya harus ke Samsat, Daan Mogot.


Saya coba naik kereta tujuan Juanda lalu naik transjakarta jurusan Kalideres. Berhenti di halte Taman kota. Jalan kaki 200 meteran udah sampai Samsat (kalo males jalan kaki, ojek juga banyak).

1. Tiba di samsat langsung ke loket kesehatan. Serahkan foto kopi (fk) ktp dan Bayar 25 ribu. Petugas akan kasih form kesehatan warna pink. Lanjut ke ruang cek kesehatan. Saya cuma di tes tekanan darah dan baca hurup (cek mata).

2.  Lanjut ke gedung utama. Langsung ke konter BRI. Bayar mutasi. SIM A + SIM C = 80 rb + 75 rb =155 ribu rupiah.

3. Lanjut ke loket pembayaran asuransi. Di sebelah BRI. Kalo mau beli asuransi, bayar 30 ribu rupiah per SIM. Tapi gak wajib.

4. Ke Loket pe daftaran. Kasih bukti bayar ke petugas dan dia akan memberikan formulir untuk kita isi data pribadi.

5. Beres isi form, lanjut ke loket 18B. Serahkan form dan SIM asli ke petugas.

6. Lanjut ke loket 24-26 (ikutin nomor yg disebut oleh petugas kobter 18B) untuk foto. Beres foto petugas akan minta kita crosscheck data SIM di monitor. Jika ada kesalahan maka harus diperbaiki di loket 13 (terjadi sama saya).

7. Cetak dan ambil SIM di loket 30 (kalo belum beres, tunggu bentar di loket 32).

8. Done. Total waktu yang saya habiskan untuk pengurusan mutasi dan perpanjangan SIM ini ga sampai 45 menit. Total biaya IDR 180.000,- (25 ribu u/kesehatan dan 155ribu untuk mutasi&perpanjangan).

Pulangnya naik kereta api dari stasiun taman kota – duri (transit dan ganti kereta) – jalur 2: tanah abang / manggarai / bogor.

Turun di stasiun Duren Kalibata dan dihadapkan dengan dua pilihan, makan duren segar yang berjejer di sepanjang jalan Kalibata atau ketan duren dan pempek di kedai Mangcik & Makdang di Tower Flamboyan Kalibata City? Dan pemenangnya adalah ketan duren dan pempek. Enak loooooh 😉

Iklan

About ceritaidfi

a shy guy who used to dream of becoming a world celebrity but then realized that exploring the world and sharing his stories and his smile to the world are so much more fun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: