RSS Feed

BERSELANCAR DARI SOFA KE SOFA. part 1: Couchsurfing.

Posted on

Siapa bilang kalau mau liburan asyik dan mengesankan itu harus ngabisin duit banyak, nginep di hotel yang nyaman, bawa koper berkilo-kilo, harus jauh bahkan sampai ke luar negeri pula? Duh kalau gue sih sebagai mister MODIS (Modal DISkon+Modal gratIS) lebih memilih liburan ekonomis nan dinamis dengan segudang cerita yang gak pernah abis sehingga meninggalkan kenangan maha manis kondisi dompet pun tidak berakhir tragis.

Supaya bener-bener asyik mari tentukan destinasi atau tujuan, budget, kegiatan dan bersama siapa kita berlibur. Terus terang gue kalau buat jalan-jalan hemat agak pilih-pilih orang karena gak semua orang mau diajak susah makanya gue mencari grup atau komunitas yang individu-individunya haus akan petualangan dan senang berimprovisasi dan kalau bisa sama-sama MODIS namun simbiosis mutualis hahaha

Beruntung gue bergabung dengan salah satu komunitas non profit yang gue kenal lewat salah satu sohib dari kecil, Zam, yang bikin mata gue kebuka bahwa ternyata berselancar itu gak Cuma di pantai di atas papan surfing, atau berselancar di dunia maya tapi justru buat gue ini dia berselancar yang paling mengasyikkan, berselancar dari sofa ke sofa, COUCHSURFING.

COUCHSURFING. coba buka website: www.couchsurfing.org yang memungkinkan kita bisa berselancar (surfing) dari sofa (couch) ke sofa alias nebeng nginep. Sempet sih pas awal sebelum bergabung ada rasa kekhawatiran dengan konsep berselancar dari sofa ke sofa ini “kok orang bisa percaya nerima orang gak dikenal untuk nebeng di rumahnya?”, “gimana kalau gue diperkosa?”. Yaaaaaay! Anyway don’t worry, be happy.

Inilah fungsi web ini. Dengan kita sign up seperti situs jejaring sosial lainnya, dengan menampilkan profil lengkap dengan foto, minat, dlsb maka sesama anggota, termasuk kita, bisa menyaring siapa yang sesuai dengan kepribadian kita dan siap untuk saling bertemu (tapi inget ya situs jejaring ini bukan sebagai dating site alias situs untuk berkencan tapi kalau setelah ketemu akhirnya ada yang kecantol ya siapa tau jodoh ya mau gimana lagi just go for it).

Kita pun bisa bergabung dengan group yang ada di website ini tergantung dari minat dan hobi, tujuan berlibur suatu saat, atau juga karena ingin belajar. Tinggal serch group lalu pilih group yang diinginkan. Misalkan,  buat yang hobi dan minat dengan fotografi ya tinggal bergabung dengan group fotografi, bagi mereka yang ada rencana bepergian ke Bali atau ke Roma, Italia, bergabunglah dengan group Bali atau Roma, Italia, untuk menggali info sebanyak-banyaknya, mencari teman, dan sekaligus mencari tempat untuk berselancar (surfing), sementara bagi yang sedang mempelajari suatu bahasa katakanlah bahasa Prancis ya tinggal begabung saja dengan group French language learners, dan banyak lagi.

Couchsurfing is a worldwide network for making connections between travellers and the local communities they visit”. Itu adalah tagline couchsurfing. Sebuah jaringan untuk menghubungkan para traveller dengan komunitas lokal yang mereka kunjungi.

“One of the best way to travel is to meet and stay with the locals”. Intinya dengan couchsurfing ini kita tidak merasa sendiri di perjalanan kita. Dan ada teman untuk berbagi. Dengan ada teman baik yang bisa saling berbagi, bisa ketawa bareng, bisa ledek-ledekan, bisa saling ngehibur kalau lagi ada yang bete, bisa bertukar cerita di perjalanan, saling mengenal dan menyelami perbedaan budaya membuat perjalanan kita tambah berwarna, nambah wawasan dan jadi banyak cerita, dan yang penting juga melalui perjalanan ini kita jadi punya sahabat dan saudara, syukur-syukur dapat tebengan nginep gratis hahaha teuteup MODIS, asyik kan?

Ayo mari kita berselancar dari sofa ke sofa!

Iklan

About ceritaidfi

a shy guy who used to dream of becoming a world celebrity but then realized that exploring the world and sharing his stories and his smile to the world are so much more fun.

4 responses »

  1. wahh baru tahu di couch surfing ada kategori2 sesuai minat.

    thanks for the info ya, idfi!

    Balas
  2. eh kok sekarang utk proses verifikasi diminta donasi gtu via credit card… 😦

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: